Hubungi BungRam    

Sticky Notes Guru Kelas – #9 Memanfaatkan game edukasi daring

Sticky Notes Guru Kelas - #9 Memanfaatkan Game Edukasi Daring

BDAC14F4-1583-4415-BF0E-6179AA5BD3A5

 

Game berbasis web bisa dimanfaatkan untuk menjadikan kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan. 


Berbagai bidang konten dan rentang usia difasilitasi di dalam ‘game online’ tersebut. Ada banyak pendapat tentang kehadiran ‘game online’ bagi anak-anak. 


Secara positif, bermain  ‘game online’ (jika dipantau dan diawasi oleh orangtua) bisa memberikan beberapa manfaat dalam proses belajar. Di antara manfaat bermain ‘game online’ untuk anak:


1. Pemecahan masalah dan logika - Ketika seorang anak memainkan permainan seperti The Incredible Machine, Angry Birds atau Cut The Rope, dia melatih otaknya untuk menemukan cara-cara kreatif untuk memecahkan teka-teki dan masalah lainnya dalam letupan berpikir singkat.


2. Koordinasi tangan-mata, keterampilan motorik halus dan spasial. Dalam game menembak, karakter mungkin berlari dan menembak pada waktu yang bersamaan. Ini membutuhkan kemampuan bermain seperti di dunia nyata untuk melacak posisi karakter, ke mana dia menuju, kecepatannya, ke mana senjata diarahkan, jika tembakan mengenai musuh, dan sebagainya. Semua faktor ini perlu diperhitungkan, dan kemudian pemain harus mengoordinasikan interpretasi dan reaksi otak dengan gerakan di tangan dan ujung jarinya. Proses ini membutuhkan banyak koordinasi mata-tangan dan kemampuan visual-spasial agar berhasil. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang dapat mempelajari keterampilan perhatian ikonik, spasial, dan visual dari video game. Bahkan ada penelitian dengan orang dewasa (dokter) yang menunjukkan bahwa pengalaman dengan video game terkait dengan keterampilan bedah yang lebih baik. 


3. Perencanaan, pengelolaan sumber daya dan logistik. Pemain belajar untuk mengelola sumber daya yang terbatas, dan memutuskan penggunaan sumber daya terbaik, dengan cara yang sama seperti dalam kehidupan nyata. Keterampilan ini diasah dalam game strategi seperti SimCity, Age of Empires, dan Railroad Tycoon. Khususnya, The American Planning Association, asosiasi perdagangan perencana kota, dan Maxis, pembuat game, telah mengklaim bahwa SimCity telah menginspirasi banyak pemainnya untuk berkarir di bidang perencanaan kota dan arsitektur.


4. Multitasking, pelacakan simultan dari banyak variabel yang berubah-ubah dan mengelola berbagai tujuan. Dalam permainan strategi, misalnya, saat mengembangkan kota, kejutan tak terduga seperti musuh mungkin muncul. Ini memaksa pemain menjadi fleksibel dan dengan cepat mengubah taktik. 

Berikut 10 ‘game online’ yang bisa dimainkan oleh anak bersama guru untuk menghadirkan  pembelajaran yang menyenangkan yang direkomendasikan oleh Ryan Schaaf, asisten profesor teknologi di sekolah pendidikan di Notre Dame dari Universitas Maryland: 



1. Sheppard Software


Sheppard Software menyelenggarakan ratusan game edukasi online gratis untuk anak-anak. Situs ini mengatur permainannya ke dalam kategori, yang memungkinkan siswa dan guru untuk dengan mudah menavigasi menurut bidang pelajaran dan menemukan permainan yang sesuai yang memenuhi kebutuhan instruksional atau rasa ingin tahu dan haus pengetahuan dan tantangan anak.


2. PBS Kids Games


PBS KIDS menciptakan hiburan berbasis kurikulum. Situs game ini menyelenggarakan sejumlah pengalaman bermain game berbasis browser berdasarkan literatur populer dan waralaba media seperti The Cat in the Hat, Curious George, Sesame Street, dan banyak lagi. Game diatur menurut jenis subjek, yang meliputi matematika, kebiasaan hidup sehat, sains, membaca, dan permainan teamwork.


3. Mr. Nussbaum


Dibuat oleh Greg Nussbaum, seorang guru sekolah umum Virginia, Mr. Nussbaum menawarkan lebih dari 3.500 halaman konten dengan berbagai variasi permainan pembelajaran yang diatur menurut jenis konten dan tingkat kelas. Situs ini jugas dioptimalkan untuk digunakan pada tablet dan papan tulis interaktif.


4. National Geographic Kids.


National Geographic yang terkenal di dunia menyelenggarakan lebih dari 100 permainan sains, aksi, petualangan, geografi, kuis, dan teka-teki yang menyenangkan, menarik, dan interaktif. Untuk hub game gratis, kualitas produksi game atau interaksi seperti Wildest Weather , On the Trail of Captain John Smith , dan The Underground Railroad: Journey to Freedom benar-benar luar biasa.


5. Poptropica


Game Poptropica® adalah dunia virtual tempat anak-anak menjelajah dan bermain dengan sangat aman. Setiap bulan, jutaan anak dari seluruh dunia dihibur dan diinformasikan oleh misi, cerita, dan permainan yang menarik dari Poptropica.


6. Funbrain


Game Funbrain, dibuat untuk anak-anak usia prasekolah hingga kelas 8, menawarkan lebih dari 100 permainan interaktif yang menyenangkan yang mengembangkan keterampilan dalam matematika, membaca, dan literasi. Selain itu, anak-anak dapat membaca berbagai buku dan komik populer di situs tersebut, termasuk Diary of a Wimpy Kid , Amelia Writes Again , dan Brewster Rocket .


7. BBC School: Games


Situs BBC menawarkan permainan dan aktivitas digital interaktif yang melibatkan mata pelajaran seperti literasi, berhitung, sejarah, matematika, musik, dan seni. Permainan juga dikategorikan ke dalam rentang usia. Grafik kartun sangat menarik bagi anak-anak, tetapi isinya sangat menarik bagi para guru dan orang tua yang ingin anak-anak bermain untuk belajar.


8. Primary Games


Dengan game dan aktivitas yang memenuhi kebutuhan kurikulum untuk matematika, sains, seni bahasa, dan studi sosial, Primary Games menampung lebih dari 1.000 judul games. Situs ini berisi panduan kurikulum untuk digunakan guru dalam hubungannya dengan permainan.


9. ABCYa.com


Situs game ini menawarkan game komputer pendidikan yang dibuat oleh guru dan disetujui untuk siswa sekolah dasar untuk belajar matematika dan seni bahasa di web. Ditampilkan oleh The New York Times, Apple, dan Fox News, ABCYa.com menyediakan permainan dan aktivitas yang dibuat dengan baik untuk anak-anak.


10. Arcademic Skill Builder


Arcademic Skill Builders adalah video game pendidikan online yang menawarkan pendekatan hebat untuk mempelajari matematika dasar, seni bahasa, kosa kata, dan keterampilan berpikir. Permainan akademis menantang siswa untuk meningkatkan skor mereka melalui latihan pembelajaran berulang dan waktunya yang memberikan umpan balik langsung.


[BungRam-11012021]





Bagikan

Artikel Lainnya

149B539D-6274-4B47-B74D-349A3F95FD8A

Sticky Notes Guru Kelas - #8 Melatih anak (siswa kelas rendah) belajar dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning)

589BD8FB-22E4-4F46-8A6A-BF7EBD031EDD

Sticky Notes Guru Kelas - #7 – Menata Kelas Untuk Mendukung Efektifitas Belajar

D9A27F06-63BF-46C5-A34C-652A8B2FEA3C

Bagaimana Anak Bermain Dengan Temannya? Mereka Belajar dari Ayah

4F386E20-806C-4AF1-9C52-61B4A7D61FFB

Era Industri 4.0 dan perubahan pendidikan, masih ingatkah (pedulikah) kita?

{"origin":"gallery","uid":"2176AF49-EE37-47E7-9CF4-86179503AA26_1609722106056","source":"other"}

Pendidikan; Investasi Berharga Untuk Kemajuan Bangsa