10 Film Menarik Tentang Artificial Intelligence

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

10 Film Menarik Tentang Artificial Intelligence

Perkembangan kecerdasan buatan (AI) dalam berbagai platform terus berkembang dan melakukan berbagai inovasi, baik inovasi perangkat, maupun inovasi sistem.

Jauh sebelum era AI sekarang yang ditandai dengan maraknya aplikasi pintar berbasis kecerdasan buatan, Industri film telah lama mengangkat berbagai cerita dengan pesan kemajuan teknologi, kehidupan di masa mendatang, hingga peran robot yang banyak menggantikan manusia.

Ada banyak sekali film-film yang bernuansa  teknologi AI. Berikut film-terbaik bernuansa teknologi AI:

1.  Demon Seed (1977)

Film ini memperkenalkan Proteus IV, sebuah program AI yang sangat canggih sehingga pada dasarnya dapat menyembuhkan leukemia secara langsung. Tapi kemudian Proteus menjadi serakah. Ia menuntut kekuatan yang semakin besar hingga, dengan dipersenjatai dengan lengan robot di kursi roda dan senjata laser, ia akhirnya mampu memenuhi tuntutannya yang paling mengejutkan: melepaskannya bersama Julie Christie. Ini adalah film paling konyol yang pernah dibuat; dan itu perlu dilindungi.

 

2.  Short Circuit (1986)

Short Circuit adalah sebuah film komedi fiksi ilmiah Amerika tahun 1986 yang disutradarai oleh John Badham dan ditulis oleh S. S. Wilson dan Brent Maddock. Film ini berpusat pada robot militer eksperimental yang disambar petir dan memperoleh kecerdasan mirip manusia, yang mendorongnya keluar dari fasilitasnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang dunia. 

 

3. The Terminator (1984)

 

Film enam sekual ini menggambarkan pencapaian tema robot AI yang memperoleh kesadaran kemanusiaan, meskipun Skynet sebagai sebuah teknologi AI bermaksud ingin menghancurkan kehidupan umat manusia.

Film aksi fiksi ilmiah ini dirilis oleh Orion Pictures tahun 1984, ditulis dan disutradarai oleh James Cameron dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton dan Michael Biehn. Ini adalah karya pertama dalam franchise Terminator. Dalam film tersebut, robot mengambil alih dunia dalam waktu dekat,  namun seorang pria bernama John Connor memulai perlawanan Tech-Com untuk melawan mesin, mengalahkan Skynet, dan membebaskan umat manusia.


4. Matriks (1999)

Banyak film AI yang membahas tentang kebangkitan robot; saat ketika komputer memutuskan bahwa mereka sudah muak dengan kemanusiaan dan memutuskan untuk menghabisi kita. 

The Matrix adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah yang ditulis dan disutradarai oleh keluarga Wachowski. , dan Joe Pantoliano, dan menggambarkan masa depan dystopian di mana umat manusia tanpa sadar terjebak di dalam Matrix, sebuah realitas simulasi yang diciptakan oleh mesin cerdas untuk mengalihkan perhatian manusia saat menggunakan tubuh mereka sebagai sumber energi.

5. AI: Artificial Intelligence (2001)

Karena AI telah menjadi ancaman bagi cara kerja umat manusia, film-film tentang kedatangan AI cenderung memberikan dampak yang lebih serius. Namun, Tau – sebuah film di mana seorang wanita ditawan oleh orang yang setara dengan Alexa (disuarakan oleh Gary Oldman) – cukup pintar untuk memahami bahwa terkadang kita ingin menyaksikan banyak hal bodoh terjadi. 

Film A.I. (Artificial Intelligence) adalah film fiksi ilmiah Amerika yang disutradarai oleh Steven Spielberg. Skenario oleh Spielberg dan cerita layar oleh Ian Watson secara longgar didasarkan pada cerita pendek tahun 1969 “Supertoys Last All Summer Long” oleh Brian Aldiss. Bertempat di masyarakat futuristik, film ini dibintangi Haley Joel Osment sebagai David, android kekanak-kanakan yang diprogram secara unik dengan kemampuan untuk mencintai.  

6. Mitchell vs Mesin (2021)

The Mitchells vs. the Machines adalah film komedi fiksi ilmiah animasi yang diproduksi oleh Columbia Pictures dan Sony Pictures Animation. 

Film ini disutradarai oleh Mike Rianda (dalam debut penyutradaraannya) dan disutradarai oleh Jeff Rowe, dari skenario yang ditulis oleh keduanya. Phil Lord, Christopher Miller, dan Kurt Albrecht berperan sebagai produser.  

Film terlucu yang dibuat tentang pemberontakan robot, fitur animasi Mike Rianda (diproduksi oleh Phil Lord dan Christopher Miller) adalah kerusuhan dari awal hingga akhir. Olivia Colman berperan sebagai Pal, asisten bergaya Alexa dengan delusi megalomania, yang harus dihentikan oleh keluarga miskin dalam perjalanan. 

7. Brian and Charles (2022)

Film drama komedi yang disutradarai oleh Jim Archer, dalam debut fiturnya, dari skenario oleh David Earl dan Chris Hayward, yang juga membintangi film tersebut. Adaptasi panjang dari film pendek trio tahun 2017 dengan judul yang sama.

Film yang sangat indah. Seorang penemu menciptakan robot hidup dari kepala manekin dan mesin cuci tua dan mereka bertemu dengan sekelompok burung lo-fi. Namun Brian dan Charles juga merasakan kesedihan. Robot ini dibuat untuk memerangi rasa kesepian yang menjalar pada seseorang (area di mana AI di dunia nyata mungkin mendapatkan daya tarik paling besar), namun film ini juga membahas tanggung jawab kepemilikan robot. 

 

8. Wall-E (2008)

WALL- E adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film ini adalah sebuah robot yang bernama WALL•E. 

Film yang disutradarai oleh Andrew Stanton, yang sebelumnya menyutradarai Finding Nemo dan memenangkan Academy Award untuk kategori film animasi. Jim Morris, yang sebelumnya bekerja untuk Lucasfilm, menjadi produsernya. Karakter-karakter dalam WALL•E, sebagian besar suaranya tidak disuarai oleh manusia, tetapi oleh suara mekanik

 

9. Her (2013)

Her adalah film drama fiksi ilmiah romantis Amerika Serikat yang disutradarai oleh Spike Jonze dan diproduseri oleh Spike Jonze, Megan Ellison dan Vincent Landay. 

Film Her merupakan film kolaborasi kedua Joaquin Phoenix dan Amy Adams setelah film The Master. 

Setelah satu dekade perilisannya, film fiksi ilmiah ini dianggap film spekulatif yang aneh, karena Joaquin Phoenix berperan sebagai pria kesepian yang tergoda untuk menjalin hubungan dengan asisten suara teleponnya. Namun, jika kita melihat ke masa depan, jelaslah bahwa masa depan yang dilukis oleh-Nya sudah ada di sini. 

Faktanya, baru dua minggu yang lalu, makalah ini memuat artikel dengan judul: “Apakah perzinahan jika Anda selingkuh dengan teman AI? ” Sebuah film masa depan dalam segala hal, kecuali prediksinya bahwa semua pria saat ini akan mengenakan celana panjang berpinggang tinggi yang rapi.

10. Avengers: Age of Ultron  (2015)

Avengers: Age of Ultron adalah sekuel pertama film Avengers; pahlawan super Amerika yang didasarkan pada tim pahlawan super Marvel Comics, Avengers. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures,

Ultron bentuk kehidupan AI ini ditugaskan untuk menghindarkan para Avengers dari keharusan menyesuaikan diri setiap kali penjahat baru datang ke kota, Ultron dengan cepat menyadari bahwa ancaman terbesar terhadap perdamaian dunia adalah umat manusia dan – dengan cara AI – berupaya untuk memberantasnya sendiri. Moral dari Age of Ultron adalah kurang percaya pada AI dibandingkan miliarder tidak bertanggung jawab yang menciptakannya.

Bagikan supaya bermanfaat

Artikel Pendidikan

Artikel Parenting

Inspirasi

Sorotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *