Negara Dengan Jumlah Doktor Terbanyak

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Negara dengan jumlah Doktor terbanyak

Bangsa yang sukses menghargai manusia, sumber daya, dan budaya.

Pencapaian kemajuan suatu negara diukur dari berbagai faktor. Salah satunya adalah Indeks Pembangunan Manusia (HDI). Indeks Pembangunan Manusia (human development index) adalah ukuran statistik gabungan yang mengukur pencapaian keseluruhan suatu negara dalam dimensi sosial dan ekonomi. 

Ukuran ini berfungsi sebagai tolok ukur yang dapat diandalkan untuk menilai perkembangan kesehatan, pendidikan, dan standar hidup ekonomi dari waktu ke waktu, antar wilayah, dan dibandingkan dengan negara lain. Karena peran penting suatu negara untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas menurut saya harus dimulai dari pendidikan.

Pendidikan memiliki peran penting dalam suatu negara untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan berkarakter. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran pada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan untuk dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Kemudian pendidikan tinggi , merupakan inti dari inovasi yang kita lihat di sekitar kita. Penemuan-penemuan baru seperti bidang teknologi, sains dan ilmu sosial tidak akan pernah terjadi jika bukan karena penelitian dari pendidikan tinggi.

Banyak negara berinvestasi pada sistem pendidikan tinggi mereka, dan kini semakin banyak orang yang menyelesaikan gelar doktor. Tapi negara mana yang memiliki sarjana doktoral paling banyak?

Amerika Serikat mengungguli negara lain.

Menurut laporan OECD , AS memiliki setidaknya dua kali lebih banyak lulusan PhD dibandingkan Jerman, saingan terdekatnya.

Pada tahun 2014, 67.449 orang lulus dengan gelar PhD di AS, dibandingkan dengan 28.147 orang di Jerman. Urutan berikutnya adalah Inggris, yang hanya menempatkan India di peringkat ketiga dengan 25.020 lulusan PhD. India memiliki 24.300.

Meskipun berada di urutan kelima dalam daftar, Jepang hanya memiliki seperempat lulusan PhD dibandingkan Amerika, yakni sebanyak 16.039.

Di peringkat keenam dan ketujuh, Prancis dan Korea Selatan masing-masing memiliki 13.729 dan 12.931. Spanyol dan Italia, di urutan kedelapan dan kesembilan, memiliki jumlah yang sama, masing-masing 10.889 dan 10.678.

Berikut tabel negara dengan jumlah doktor terbanyak:

Peningkatan jumlah doktor 

Angka OECD juga menunjukkan bahwa jumlah lulusan doktoral meningkat di seluruh dunia dalam dua dekade terakhir. Mayoritas lulusannya berasal dari negara-negara OECD.

Laporan tersebut menyatakan bahwa negara-negara berkembang yang besar telah memperluas kapasitas pelatihan pendidikan tinggi mereka, seperti yang ditunjukkan oleh tingginya posisi India dengan 24.300 lulusan doktoral.

Bidang ilmiah tertentu lebih populer di kalangan sarjana PhD. Sekitar 40% dari gelar doktor baru yang diberikan di wilayah OECD adalah di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) dan persentase ini meningkat menjadi 58% dari seluruh lulusan baru jika gelar doktor di bidang kesehatan juga disertakan. Program doktoral secara khusus berorientasi pada ilmu pengetahuan alam dan teknik di Perancis (59%), Kanada (55%) dan Tiongkok (55%), menurut laporan tersebut.

Tren lain yang dicatat dalam laporan ini antara lain adalah meningkatnya digitalisasi dan internasionalisasi penelitian, yang mengantarkan era ekonomi pengetahuan global.

Bagikan supaya bermanfaat

Artikel Pendidikan

Artikel Parenting

Inspirasi

Sorotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *