Karakteristik Guru Abad 21

Karakteritik Guru Abad 21

Perbincangan mengenai pendidikan di abad ke-21 menarik kita kepada pemikiran sebuah konsep dan sistem baru dalam dunia pendidikan, selain membicarakan tentang perkembangan teknologi.

Pendidikan di abad 21 adalah upaya yang lebih serius, diamis, kritis, serta jauh melompat kepada mendekatkan konektifitas secara integratif dan adaptasi peru0bahan yang cepat bersama lajunya dunia teknologi informasi berbais digital.

Untuk mengisi celah di antara perubahan sistem, mode, dan tatat cara dalam proses mendidik dunia memerlukan guru yang cakap dan berkarakteristik sebagai guru abad ke-21.

 

Karakterstik guru abad ke-21

Guru abad 21 adalah mereka yang berperan sebagai ‘guide’ dan fasilitator dengan memiliki karakteristik sebagai berikut:

1.  Mereka Adaptif Terhadap Berbagai Perubahan

Mereka mampu beradaptasi dengan apa pun yang datang. Menjadi guru di dunia saat ini berarti Anda harus beradaptasi dengan berbagai kondisi, tantangan, perkembangan teknologi dan perubahan yang cepat dan mampu menerapkan di sekolah. Seperti smartboard menggantikan papan tulis dan tablet menggantikan buku teks dan guru abad ke-21 harus siap dengan itu.

2.  Pembelajar Seumur Hidup

Para pendidik ini tidak hanya mengharapkan siswa mereka untuk menjadi pembelajar seumur hidup, tetapi mereka juga. Mereka tetap up-to-date dengan tren dan teknologi pendidikan saat ini dan tahu  bagaimana mengubah rencana pelajaran lama mereka dari tahun-tahun sebelumnya untuk membuatnya lebih terkini.

3.  Berpikir ke Depan

Seorang pendidik abad ke-21 yang efektif memikirkan masa depan siswa mereka dan menyadari peluang karir yang mungkin muncul dari mereka. Mereka selalu berencana untuk memastikan bahwa tidak ada anak yang tertinggal sehingga mereka fokus untuk mempersiapkan anak-anak hari ini untuk apa yang akan datang di masa depan.

4.  Mampu Berkolaborasi

Seorang pendidik abad 21 yang efektif harus mampu berkolaborasi dan bekerja dengan baik dalam tim. Selama dekade terakhir, keterampilan penting ini telah berkembang cukup pesat di sekolah. Belajar dianggap lebih efektif ketika Anda dapat berbagi ide dan pengetahuan Anda dengan orang lain. Berbagi keahlian dan pengalaman Anda, serta berkomunikasi dan belajar dari orang lain adalah bagian penting dari proses belajar dan mengajar.

5.  Menguasai Teknologi Digital Untuk Pembelajaran di Kelas

Teknologi di kelas bergerak dengan kecepatan tinggi dan guru abad ke-21 juga bergerak bersamaan dengannya.  Teknologi ruang kelas; baik itu untuk pelajaran, tugas, atau penilaian, dapat membantu siswa belajar lebih baik dan lebih cepat, serta membantu membuat waktu guru lebih efektif. Seorang guru abad ke-21 tidak harus memiliki satu set tablet kelas di tangan setiap anak, atau Smart-board terbaru. Tetapi mereka dapat memiliki keseimbangan yang bagus dari alat pendidikan di kelas mereka. Seorang guru yang efektif tahu teknologi apa di kelas yang benar-benar dapat membantu mengubah pendidikan siswa mereka. Mereka tahu apa alat terbaik, dan bagaimana dan kapan menggunakannya.

6.  Peduli Untuk Mensupport Siswa Menguasai Keterampilan Abad 21

Guru di abad 21 harus memahami, berupaya dalam mendukung penguasaan keterampilan abad 21 untuk dirinya sendiri, dan untuk seluruh siswa. Keterampilan abad 21 (kreatifitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi) merupakan kompetensi yang amat penting dan sangat dibutuhkan oleh generasi saat ini. Maka guru abad 21 harus mampu mencapai kompetensi tersebut dan menanamkannya pada setiap peserta didik. 

Bagikan supaya bermanfaat

Merdeka Belajar

5 Cara Membuat Siswa Lebih Terlibat dalam Pembelajaran

Membuat siswa lebih terlibat dalam pembelajaran membutuhkan berbagai kesiapan, pemahaman dan pendekatan yang berbeda, terutama jika Anda sebagai guru melakukan kegaiatn selama ini dengan memusatkan pada diri Anda sendiri. Maka keterlibatan akan sulit tercipta. karena para peserta didik pasif dan kegiatan akan monoton dibawah kekuasaan Anda sebagai instruktur.

Read More »
Sains & Kultur

Apa yang Terjadi Saat Kita Tidur?

Pada saat tidur, tubuh Anda berputar melalui empat tahap tidur. Siklus ini terjadi beberapa kali sepanjang malam untuk jangka waktu yang berbeda, masing-masing bervariasi dari 70 hingga 120 menit. Tahapan ini umumnya berulang sekitar empat hingga lima kali selama periode tidur 7 hingga 9 jam.

Polanya mencakup dua fase utama tidur: tidur non-rapid eye Movement (non-REM) dan tidur REM (rapid eye Movement). Empat tahap tidur tersebut meliputi tiga tahap tidur non-REM dan satu tahap tidur REM.

Read More »
Sains & Kultur

Perspektif Ilmu Pengetahuan Mengenai Tidur

Kita menghabiskan sekitar sepertiga hidup kita untuk tidur. Banyak proses biologis yang terjadi selama tidur: Otak menyimpan informasi baru dan membuang limbah beracun. Sel-sel saraf berkomunikasi dan mengatur ulang, yang mendukung fungsi otak yang sehat.

Kemudian melalui tidur, tubuh memperbaiki sel, memulihkan energi, dan melepaskan molekul seperti hormon dan protein. Proses-proses ini sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Read More »
Jelajah

Negara Dengan Jumlah Doktor Terbanyak

Pendidikan memiliki peran penting dalam suatu negara untuk menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan berkarakter. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran pada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian yang baik, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan untuk dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Read More »
Psikologi

Gimmick Dalam Debat, Trik Menutupi Ketidakmampuan Diri?

Gimmick bisa berbentuk fisik atau digital, dan bisa dalam berbagai bentuk, seperti slogan yang menarik, logo yang mencolok, atau tampilan yang menarik perhatian. Meskipun gimmick bisa efektif dalam membuat impresi dan sensasi, juga gimmick sering kali dikritik karena dangkal dan kurang substansi.

Read More »
Sosial Politik

Memilih Calon Presiden – Tips dari Stephanie McCallum

Pilihan Anda memiliki dampak jangka panjang terhadap kebijakan pemerintah, alokasi anggaran, dan komunitas yang terbentuk di masa depan.

Presiden yang akan kita pilih adalah orang-orang yang dipersiapkan dan mempersiapkan dirinya dengan paling baik di antara ratusan juta penduduk negeri. Bagaimana memilih calon pemimpin yang sesuai dengan harapan kita saat ini?

Read More »

Menjadi Keluarga yang ‘Smart’ Dalam Berinternet

Layar dan perangkat kini sudah menjadi bagian dari dunia kita. Kita semua menggunakannya untuk bekerja, bermain, belajar dan bersosialisasi – begitu pula anak-anak kita.

Anak-anak saat ini sudah menjadi bagian dari ‘netizen’. Karena mereka umumnya lahir di era egital, maka disebut sebagai digital native.
Daripada menerapkan larangan total pada waktu pemakaian perangkat, memantau waktu pemakaian perangkat dapat membantu mencapai keseimbangan.

13 Masjid Unik di Dunia

Masyarakat di seluruh peradaban telah menemukan banyak cara kreatif untuk memenuhi persyaratan bangunan tempat ibadah, sekaligus mengubah tempat ibadah menjadi karya seni yang luar biasa.

Sebagian besar masjid di seluruh dunia terlihat sama, dengan kubah atau menara—beberapa lebih rumit dibandingkan yang lain. Gaya arsitektur bergantung pada wilayahnya, namun terkadang kreativitas berkembang pesat sehingga menghasilkan imajinasi dan kreasi arsitektur masjid yang indah dan unik.

Artikel Pendidikan

Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *