{"uid":"2176AF49-EE37-47E7-9CF4-86179503AA26_1623099619554","source":"other","origin":"unknown"}

Laut adalah bagian dari kehidupan kita

08 Juni 2021- admin

Lautan menutupi sekitar 70 persen permukaan bumi, termasuk tumbuhan, hewan, dan organisme lainnya. Wilayah lautan mengisi beberapa cekungan di permukaan bumi yang menjaga planet tetap hangat dengan menyediakan 50 persen oksigen planet. 


Pada KTT Bumi di Rio de Janeiro tahun 1992, Kanada menyampaikan  tentang pentingnya perhatian terhadap laut dan kehidupan biota laut. Di KTT Bumi itu juga diusulkan Gagasan Hari Laut Sedunia untuk merayakan laut dan hubungan manusia dengan laut. Setelah meningkatkan kesadaran tentang peran penting laut dalam kehidupan manusia, divisi PBB untuk urusan laut memperkenalkan cara-cara penting yang dapat dilakukan orang untuk membantu menjaga dan melindungi laut.


Selengkapnya

Pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru

04 Juni 2021 - admin

Menghadapi tahun ajaran baru ini, kembali pembahasan tentang pembelajaran di sekolah secara tatap muka muncul. Pun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyatakan bahwa sekolah masih harus menyediakan pilihan pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada Tahun Ajaran 2021/2022 jika ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya belajar di kelas.


Di sisi lain Mendikbudristek Nadiem Makarim mewajibkan setiap sekolah memberikan opsi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas paling lambat Tahun Ajaran 2021/2022, apabila guru dan tenaga kependidikannya sudah divaksinasi.


Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) mengatakan untuk saat ini pembelajaran tatap muka masih sulit dilakukan serentak bulan Juli 2021. Sebab, saat ini angka Covid-19 di Indonesia masih tinggi dan adanya varian baru yaitu B117 yang penularannya lebih cepat, dan rata-rata kasus positif di berbagai daerah masih di atas 10 persen.


Sejalan dengan itu juga, koordinator nasional P2G, Satriwan Salim mengatakan tentu opsi membuka sekolah akan mengancam nyawa, keselamatan, dan masa depan siswa termasuk guru dan keluarganya. Menurut P2G, ada dua indikator mutlak sekolah bisa dimulai tatap muka di awal tahun ajaran baru Juli 2021 nanti.


"Yaitu tuntasnya vaksinasi guru dan tenaga kependidikan. Kemudian, sekolah sudah memenuhi semua daftar periksa kesiapan sekolah tatap muka, yang berisi 11 item dan dua hal ini tidak bisa ditawar-tawar”.



4BB9F61B-4220-4014-99BA-70F147DA9B25

Penambahan Kasus Covid-19 di India dan langkah penanganan sosial akibat kematian karena COVID-19

30-05-2021

{"uid":"2176AF49-EE37-47E7-9CF4-86179503AA26_1622367699480","source":"other","origin":"unknown"}



India dihantam gelombang virus corona besar-besaran. Ratusan ribu kasus virus corona baru bermunculan setiap harinya.

Hal ini membuat pemerintahnya kewalahan menangani pandemi. Sejak Kementerian Kesehatan India melaporkan 295.041 kasus baru pada tanggal 21 April 2021 dengan 2.023 kematian, kini jumlah korban belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

REPUBLIKA.co.id - Jumlah kasus COVID tembus 100 ribu orang

Dilansir dari halaman scmp.com,  India pada hari Minggu melaporkan kenaikan harian terendah dalam infeksi virus korona baru dalam 46 hari pada 165.553 kasus selama 24 jam sebelumnya, sementara kematian naik 3.460, setelah New Delhi mengumumkan langkah-langkah untuk mendukung anak-anak yang kehilangan kedua orang tuanya karena pandemi, termasuk menyediakan mereka dengan pendidikan gratis dan asuransi kesehatan.


Perdana Menteri Narendra Modi, pemerintah akan menggunakan dana PM Cares untuk memberi setiap anak 1 juta rupee (US $ 13.805) ketika mereka berusia 18 tahun, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu. Anak-anak tersebut akan terdaftar dalam program asuransi kesehatan pemerintah dan premi akan dibayarkan melalui dana PM Cares hingga mereka berusia 18 tahun.Dana tersebut juga akan digunakan untuk membiayai kebutuhan sekolah seperti uang sekolah, seragam, dan buku. Begitu mereka berusia 18 tahun, mereka akan menerima gaji bulanan, dan pada usia 23 tahun, korpus akan diberikan dalam sekali pembayaran.Wabah terparah di dunia menghancurkan keluarga dan anak-anak yatim piatu di India, di mana 27 persen dari 1,3 miliar populasi berusia di bawah 14 tahun, dan negara itu memiliki sekitar 350.000 anak yatim piatu dalam perawatan institusional yang mengalami pandemi.

REPUBLIKA.co.id - Tiga poros koalisi di 2024

C5BCFDFC-AD86-4A73-9738-3F04E3AAED5F

UNESCO menyatakan pendidikan lingkungan harus menjadi komponen kurikulum inti pada tahun 2025


Organisasi PBB, dalam hal ini UNESCO terus mengorganisir dan mengkampanyekan program penyelamatan lingkungan lewat jalur pendidikan. Maksudnya, dengan menegaskan pentingnya perhatian lebih banyak lagi dalam memberikan informasi dan pemetaan rencana jangka panjang pendidikan mengenai lingkungan hidup melalui kurikulum inti di setiap sekolah di seluruh jenjang. Sebagaimana dilansir dari laman en.unesco.org mengenai berita hasil pertemuan Deklarasi Berlin beberapa waktu yang lalu, lebih dari 80 menteri dan wakil menteri dan 2.800 pemangku kepentingan pendidikan dan lingkungan berkomitmen untuk mengambil langkah konkret untuk mengubah pembelajaran demi kelangsungan planet kita dengan mengadopsi Deklarasi Berlin tentang Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) di akhir Konferensi Dunia virtual selama tiga hari diadakan dari 17 hingga 19 Mei.  


Konferensi tersebut, diikuti secara online oleh lebih dari 10.000 penonton, diselenggarakan oleh UNESCO bekerja sama dengan Kementerian Federal Pendidikan dan Riset Jerman dan Komisi Jerman untuk UNESCO sebagai mitra penasihat. UNESCO telah menyerukan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan menjadi komponen inti dari semua sistem pendidikan di semua tingkatan pada tahun 2025.


Selengkapnya

A896F210-8BE4-4A5C-877E-01647AF0EF82

Gaza: Moralitas Dan Realitas – Catatan Historis Geopolitik Konflik Palestina Israel


Secara umum  penyebutan Palestina biasanya mengacu pada wilayah geografis yang terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Yordan. Orang Arab menyebut wilayah itu sebagai orang Palestina sejak awal abad ke-20. Inggris sempat menguasai daerah tersebut setelah Kekaisaran Ottoman kalah dalam Perang Dunia I. Kemudian, tanah itu dihuni oleh minoritas Yahudi dan mayoritas Arab. 


Setelah lebih dari dua dekade pemerintahan Inggris, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengusulkan rencana untuk membagi Palestina menjadi dua bagian yakni, negara Yahudi merdeka dan negara Arab merdeka. Sementara Kota Yerusalem yang diklaim sebagai ibu kota oleh orang Yahudi, akan menjadi wilayah internasional dengan status khusus. Sejarah kemudian mencatat bahwa Orang-orang Yahudi Israel lantas perlahan-lahan mengusir warga Palestina dari tanah kelahiran mereka. Lalu timbul protes keras oleh rakyat Palestina. Hingga kini, 80 persen dari wilayah Palestina dikuasai oleh kaum Yahudi. Lalu lebih dari 100 ribu warga Palestina masih tinggal di sana lambat laun diusir dari tanah kelahirannya hingga terpaksa tinggal di kamp pengungsian di Yordania, Suriah dan Libanon. 


Pertempuran HAMAS dan tentara Israel pada tahun ini tercatat sebagai perang yang cukup parah. Setelah sepuluh hari pertempuran, otoritas Palestina menyebutkan, 230 warga Palestina, termasuk 65 orang wanita dan 39 anak-anak. Lebih dari 1700 orang terluka akibat serangan udara tentara Israel.  Sementara menurut otoritas Israel, terdapat 12 korban  jiwa dari Israel akibat serangan pihak HAMAS. 


Dr. George Friedman, seorang ahli strategi geopolitik internasional dan pendiri serta ketua geopoliticalfutures.com,   mengulas cukup detail tentang konflik Palestina Israel perspektif historis dan geopolitik negara-negara yang memiliki keterlibatan militer serta politik dengan Palestina dan Israel. Khususnya pasca perang dingin antara Amerika dan sekurunya dengan Uni Sovyet. 


 Lanjut membaca


B0FFD9A8-7E29-45DB-B8CA-20A672A7F53F

Konsep Kampus Merdeka - Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim, baru saja mengeluarkan lima permendikbud mengenai landasan penerapan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.


Dalam praktiknya, Nadiem mengatakan bahwa inovasi dan kreativitas perguruan tinggi sangat penting dalam menjalankan kebijakan Kampus Merdeka.


Di Jakarta, salah satu universitas swasta mengklaim telah menerapkan konsep Kampus Merdeka sejak lama, jauh sebelum kebijakan tersebut dikeluarkan oleh Menteri Nadiem. "Di kampus Budi Luhur, mahasiswa merdeka untuk memilih kuliah sesuai hobi. Tentunya hal tersebut ditopang dengan kurikulum yang merdeka juga. Sehingga mahasiswa dapat memiliki banyak keahlian di luar jurusan yang ia pilih," kata Rektor Universitas Budi Luhur, Wendi Usino, M.Sc., MM dalam siaran pers.


Tak hanya itu, Wendi juga mengatakan bahwa kebebasan memilih jadwal kuliah dapat disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa. "Proses belajar juga dapat ditentukan oleh si mahasiswa sendiri. Kampus yang menerapkan blended learning ini memberikan kemudahan belajar bagi para mahasiswanya. Jadi, dimanapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun mereka tidak ketinggalan pelajaran," tambahnya.


Di sisi lain, skripsi atau tugas akhir di kampus kerap menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Sama seperti pelajar sekolah menengah yang dibuat pusing oleh Ujian Nasional, mahasiswa juga cenderung memiliki tendensi negatif terhadap skripsi.


Melalui konsep Kampus Merdeka, diharapkan mahasiswa dapat memilih untuk mengambil atau tidak mengambil skripsi sebagai syarat lulus dan menggantinya dengan tugas magang atau mata kuliah tambahan.


"Ada lulus dengan alternative skripsi, sehingga mahasiswa tidak terlalu terbebani oleh syarat kelulusan yang berupa pembuatan skripsi. Kurikulum lintas prodi yang dapat diambil oleh mahasiswa ditawarkan sebagai paket kompetensi yang dapat mereka pilih nantinya," tutup Wendi.


 

sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2020/02/09/203138/kampus-merdeka-ala-mas-menteri-nadiem-makarim-seperti-apa-konsepnya



Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka .pdf

Media Nasional

Pendidikan

3B54FF25-5572-446B-9E36-7B0F2F6A93E1
detik.com - PGRI desak buat kurikulum darurat

Ketum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi menekankan pada situasi saat ini yang terpenting adalah keselamatan baik guru dan murid.

7033E731-ED2A-4A22-80BB-5DC76F817835
Kesempatan Guru Honorer Ikut Seleksi PPPK - kemendikbud.go.id

Pemerintah membuka kesempatan bagi para guru honorer untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru PNS  tahun 2021.

776A4FFD-9B08-4C58-854B-91A5E7395F09
Program Digitalisasi Pendidikan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan meluncurkan program ‘digitalisasi sekolah’. Program tersebut menjadi prioritas kemendikbud di tahun depan - 2021. 

363126A0-E7EB-409A-A14B-DFC214C12ACE
kilaspendidikan.kompas.com- Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Layanan BK, Guru Besar UPI Rekomendasikan 2 Hal

Guru Besar  Bimbingan dan  Konseling ( BK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)  Agus Taufiq menyampaikan dua rekomendasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara umum dan layanan BK secara khusus.

47C3B60C-21F6-4C21-85AC-1EA87D8D6148
Pemerintah Daerah Diizinkan Untuk Menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka
Pemerintah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 kemnetrian terkait pembelajaran secara tatap muka di tahun 2021
CFA77593-07C3-4875-8FD7-2B77F69E09F1
Afrika Selatan: pembukaan kembali sekolah dan pembelajaran digital
UNICEF mendorong menteri pendidikan Afrika Selatan untuk membuka kembali sekolah dalam rangka memperjuangkan hak-hak anak atas pendidikan, di masa new normal ini
F622E2F9-D6AE-469E-883A-407BC57EE8E6
Nadiem tegaskan dana BOS diskresi kepala sekolah - antaranews.com

Kemendikbud meluncurkan program ‘digitalisasi sekolah’. Program tersebut menjadi prioritas kemendikbud di tahun depan - 2021.

F622E2F9-D6AE-469E-883A-407BC57EE8E6
Nadiem tegaskan dana BOS diskresi kepala sekolah - antaranews.com

Kemendikbud meluncurkan program ‘digitalisasi sekolah’. Program tersebut menjadi prioritas kemendikbud di tahun depan - 2021.

2A0851F2-5304-4AEA-BD56-B5BC5F252305
19 COVID-19, pendidikan tinggi dan pengaruhnya terhadap masyarakat
Wacana seputar gelar universitas dalam konteks dunia profesional yang terguncang setalah pandemi

Berita media nasional lainnya....

Parenting

{"uid":"2176AF49-EE37-47E7-9CF4-86179503AA26_1606169252671","source":"other","origin":"unknown"}
Tiga Masalah Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah
{"uid":"2176AF49-EE37-47E7-9CF4-86179503AA26_1604913801296","source":"other","origin":"unknown"}
Kementerian PPPA Gencarkan Rencana Aksi Nasional P3AKS

Komitmen Indonesia terhadap pelibatan perempuan dalam proses penyelesaian konflik tidak tanggung-tanggung. Indonesia telah memiliki RAN P3AKS (Rencana Aksi Nasional Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial). 


93E28A0F-8268-4E88-8E6E-D88FDADEA38C
Aplikasi Ini Dapat Membantu Anda Merencanakan Aktivitas Aman Pandemi Untuk Keluarga Anda