Hubungi BungRam    

Karakteristik Guru Abad 21

Perbincangan mengenai pendidikan di abad ke-21 menarik kita kepada pemikiran sebuah konsep dan sistem baru dalam dunia pendidikan, selain membicarakan tentang perkembangan teknologi.


Pendidikan di abad 21 adalah upaya yang lebih serius, diamis, kritis, serta jauh melompat kepada mendekatkan konektifitas secara integratif dan adaptasi peru0bahan yang cepat bersama lajunya dunia teknologi informasi berbais digital.


Untuk mengisi celah di antara perubahan sistem, mode, dan tatat cara dalam proses mendidik dunia memerlukan guru yang cakap dan berkarakeristik sebagai guru abad ke-21.

0B923F40-40D7-4409-96DA-2E4CAE15E01D
Karakterstik guru abad ke-21

Guru abad 21 adalah mereka yang berperan sebagai ‘guide’ dan fasilitator dengan memiliki karakteristik sebagai berikut:


Mereka Adaptif Terhadap Berbagai Perubahan


Mereka mampu beradaptasi dengan apa pun yang datang. Menjadi guru di dunia saat ini berarti Anda harus beradaptasi dengan berbagai kondisi, tantangan, perkembangan teknologi dan perubahan yang cepat dan mampu menerapkan di sekolah. Seperti smartboard menggantikan papan tulis dan tablet menggantikan buku teks dan guru abad ke-21 harus siap dengan itu.


Pembelajar Seumur Hidup


Para pendidik ini tidak hanya mengharapkan siswa mereka untuk menjadi pembelajar seumur hidup, tetapi mereka juga. Mereka tetap up-to-date dengan tren dan teknologi pendidikan saat ini dan tahu  bagaimana mengubah rencana pelajaran lama mereka dari tahun-tahun sebelumnya untuk membuatnya lebih terkini.



Berpikir ke Depan


Seorang pendidik abad ke-21 yang efektif memikirkan masa depan siswa mereka dan menyadari peluang karir yang mungkin muncul dari mereka. Mereka selalu berencana untuk memastikan bahwa tidak ada anak yang tertinggal sehingga mereka fokus untuk mempersiapkan anak-anak hari ini untuk apa yang akan datang di masa depan.



Mampu Berkolaborasi


Seorang pendidik abad 21 yang efektif harus mampu berkolaborasi dan bekerja dengan baik dalam tim. Selama dekade terakhir, keterampilan penting ini telah berkembang cukup pesat di sekolah. Belajar dianggap lebih efektif ketika Anda dapat berbagi ide dan pengetahuan Anda dengan orang lain. Berbagi keahlian dan pengalaman Anda, serta berkomunikasi dan belajar dari orang lain adalah bagian penting dari proses belajar dan mengajar.


Menguasai Teknologi Digital Untuk Pembelajaran di Kelas


Teknologi di kelas bergerak dengan kecepatan tinggi dan guru abad ke-21 juga bergerak bersamaan dengannya.  Teknologi ruang kelas; baik itu untuk pelajaran, tugas, atau penilaian, dapat membantu siswa belajar lebih baik dan lebih cepat, serta membantu membuat waktu guru lebih efektif. Seorang guru abad ke-21 tidak harus memiliki satu set tablet kelas di tangan setiap anak, atau Smart-board terbaru. Tetapi mereka dapat memiliki keseimbangan yang bagus dari alat pendidikan di kelas mereka. Seorang guru yang efektif tahu teknologi apa di kelas yang benar-benar dapat membantu mengubah pendidikan siswa mereka. Mereka tahu apa alat terbaik, dan bagaimana dan kapan menggunakannya.


Peduli Untuk Mensupport Siswa Menguasai Keterampilan Abad 21


Guru di abad 21 harus memahami, berupaya dalam mendukung penguasaan keterampilan abad 21 untuk dirinya sendiri, dan untuk seluruh siswa. Keterampilan abad 21 (kreatifitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi) merupakan kompetensi yang amat penting dan sangat dibutuhkan oleh generasi saat ini. Maka guru abad 21 harus mampu mencapai kompetensi tersebut dan menanamkannya pada setiap peserta didik.