Hubungi BungRam    

Tips Memilih Sekolah – Insight

Bagaimana memilih sekolah yang baik untuk anak?



Memilih sekolah yang baik bukan hana memperhatikan sarana fisik, melihat tampilan luar atau apa yang disebutkan dalam brosur, apalagi sekedar mengikuti pandangan umum yang mengidentikkan sekolah bagsdengan biaya pendidikan yang mahal.

Menentukan dan memilih calon sekolah bagi anak-anak hendaknya tidak sekedar memilih, tidak sekedar mengikuti pandangan umum, tidak sekedar mengacu pada standar fisik dan atau pendapat yang mengidentikkan pembiayaan dengan pelayanan secara mutlak. Karena sekolah dengan biaya yang tinggi tidak identik bahwa sekolah tersebut baik atau bagus sebagai pilihan bagi anak kita.

Berikut tips memilih sekolah yang baik untuk anak kita dengan standar yang saya pandang  sebagai bagian dari proses manajemen dan pelayanan yang baik, serta sebuah adaptasi baru di era modern ini; 

A60142D4-B700-458B-80C4-4C152F3A18E7

picture from: https://mytvviral.com/wp-content/uploads/2021/01/IMG_20210111_122045-678x381.jpg


1.  Pastikan bahwa lembaga sekolah yang akan kita pilih memiliki aturan protokol kesehatan yang standar, dan menerapkannya secara konsisten. Orangtua perlu mengetahui tentang pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah, melihat bagaimana seluruh staf, guru melaksanakan aturan protokol kesehatan tersebut, seperti apa kebijakan sekolah dalam mengomunikasikannya kepada orangtua murid, prosedur pelaksanaannya secara bersama dan lain-lain.


 

2        Pastikan bahwa lembaga sekolah yang akan kita pilih memiliki lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak kita. 

Keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang amat penting untuk mendukung proses pendidikan berjalan dengan baik. Keamanan bukan hanya dari sisi kesehatan, namun juga secara fisik dan mental anak. Rasa nyaman juga harus diperhatikan oleh orangtua, seperti bagaimana letak sekolah tersebut, bagaimana masyarakat di sekitar lingkungan sekolah, bagaimana seluruh staf dan karyawan sekolah, bagaimana kultur yang berjalan di sekolah.


3         Ketika Anda akan memilih sekolah, terutama saat Anda mendatangi calon sekolah untuk anak Anda waktu survey, pastikan sekolah memiliki fasilitas sanitasi yang baik dan sehat. Ini berkaitan dengan tips pertama, terkait penerapan protocol kesehatan. Pastikan bahwa sekolah memiliki tempat mencuci tangan untu sesluruh murid secara cukup dan memadai. Ada saluran air yang mengalir dan bersih.  Sarana toilet yang betrsih dan memenuhi standar kesehatan.

 

4        Kemudian yang perlu diperhatikan oleh orangtua ketika akan memilih sekolah untuk anaknya adalah tentang program sekolah. Seperti apa program sekolah, seperti apa kegiatan belajar? Bagaimana proses pelaksanaan berbagai kegiatan dan hal-hal yang mendukung visi misi serta tujuan sekolah sebagaimana yang disebutkan dalam brosur sekolah. 

 

5        Aturan sekolah. Bagaimana sekolah menyelenggarakan program pendidikan dengan aturan yang baik. Bagaimana aturan sekolah secara jelas tertulis, dan adakah sosialisasi aturan sekolah kepada orangtua? Sebagai orangtua, Anda perlu memahami aturan dan bersama pihak sekolah mendorong agar setiap aturan disepakati dan dilaksanakan secara konsisten.


6        Apakah sekolah memiliki media komunikasi yang mendukung terbangunnya komunikasi Antara orangtua murid dengan guru, dengan kepala sekolah, dengan manajemen sekolah? Baik secara lsan, via media sosial, secara tatap muka langsung atau secara tertulis. Hal ini sangat penting agar pelaksanaan proses pendidikan, pelaksanaan program dan kegiatanmurid dapat dmonitor,dapat diverifikasi, dapat dievauasi bersama.


 

7        Apakah sekolah memiliki program yang berkaitan membangun hubungan dengan komunitas. ini merupakan program yang tidak biasa beberapa waktu sebelum ini. Namun saat ini program jaringan bersama komunitas, dengan instansi, dengan organisasi, baik pemerintah maupun non pemerintah (NGO), amat dibutuhkan untuk mengembangkan program pendidikan yang memberikan peluang dan fasilitas keterampilan di abad 21. Program itu akan membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan para murid, guru dalam berkomunikasi, menjalin kerjasama dan berkolaborasi serta percaya diri. 


8.  Apakah Sekolah bebas ‘bullying’? Program sekolah bebas ‘bulyying’ tentu akan membantu peserta didik tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya, sesuai usianya, serta memberikan peluang yang besar untuk meningkatkan kapasitas esmosi dan kemampuan kognitif. Kita masih banyak yang menganggap persoalan ‘bullying’ adalah persoalan. Iasa, dan masih banyak juga tenaga pendidik yang berpikir dengan paradigma lama terkait tindakan ‘bullying’ ini jika berkenaan dengan penegakan aturan dan disiplin lewat tindakan yang masuk kategori ‘bullyimg’. [BungRam-05112021]



 

Artikel pendidikan

Artikel parenting