Hubungi BungRam    

‘Brain Break’ Untuk Mengoptimalkan Belajar di Kelas

#classroommanagement


Dalam satu sesi pertemuan dengan guru kelas, saya mendapat laporan tentang aktifitas di kelas yang mulai membuat anak-anak merasa jenuh, terutama saat melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Sesi belajar yang memakan waktu sekitar 1 jam atau lebih membuat anak tidak fokus, bahkan ada yang tiba-tiba keluar dari sesi belajar dengan berbagai alasan. Atau mereka asyik membuat kegiatan sendiri selama guru berbicara menerangkan pelajaran.


Belajar secara daring via aplikasi semacam Zoom meeting tidaklah mudah untuk membuat koneksi dan interaksi peserta didik dengan baik, sebagaimana belajar secara tatap muka langsung (luring). Pasalnya kemampuan anak untuk fokus menatap layar gadget atau perangkat komputer akan dipengaruhi oleh kondisi emosi mereka yang stabil atau nyaman. Di samping itu juga otak anak akan mudah terganggu oleh berbagai “noise” di sekilingnya karena kondisi otak yang lelah. Kelelahan bisa jadi disebabkan waktu menatap layar mereka untuk hal selain aktifitas mendengarkan pembelajaran guru lebih banyak. Oleh karenanya suasana belajar jadi tidak kondusif, daya belajar anak tidak optimal.


Anak-anak memerlukan apa yang diistilahkan oleh beberapa pakar pendidikan sebagai brain break


Apa itu brain break?


Brain break  adalah waktu yang Anda alokasikan dalam pelajaran untuk mengurangi beban kognitif atau kejenuhan belajar yang dialami siswa dalam memenuhi apa yang Anda minta untuk dilakukan oleh siswa.




Dengan brain break, siswa dapat menyalurkan energinya pada sesuatu yang baru atau tidak berhubungan dengan tugas yang dihadapi. Dengan brain break juga siswa ‘mengistirahatkan’ otak.


Ada banyak alasan untuk mengistirahatkan otak, selain sebagai langkah menyiasati  kejenuhan dan demotivasi belajar. 

BC1B9995-F650-4112-A016-6ABDEDAEEDD8

Source: https://image.shutterstock.com/image-vector/brain-on-vacations-relaxing-beach-260nw-740175175.jpg


Fungsi brain break dalam proses pembelajaran:


  • - memfokuskan kembali grup
  • - membangun komunitas di antara sekelompok siswa
  • - mengatur ulang energi di ruang kelas fisik atau virtual

Strategi dan Sumber Daya Brain Break


Berikut beberapa aktifitas yang bisa dilakukan oleh guru dalam sesi pembelajaran – baik secara daring ataupun luring, dengan melakukan brain break:


·     

- Menggambar bebas

Minta siswa untuk menyelesaikan sketsa atau menggambar cepat secara bebas. Gunakan kertas yang boleh dipilih siswa di rumah jika pelaksanaan belajar secara daring. Atau gunakan aplikasi menggambar yang disediakan oleh program drawing di komputer.


Baca juga artikel tentang menata kelas efektif


·    

- Berbagi ide menarik tentang hobi, pekerjaan di rumah

Pilihan lain untuk brain break adalah  berbagi ide dengan siswa yang akan memicu respon. Tanggapan mereka, mungkin termasuk ilustrasi, membuat daftar, atau menuliskan beberapa ide atau tips. Seperti Salah satu tempat favorit untuk dikunjungi, tips dalam memandikan hewan peliharaan dan lain lain. Web Khan Academy Refresh adalah situs web khusus tempat Anda dapat menemukan ide untuk brain break. 


- Menyampaikan ‘story starter’ 

   Coba gunakan link  Scholastic Story Starters untuk aktifitas brain break. Ada banyak kumpulan dongeng tematik yang imajinatif.  Situs web gratis ini memungkinkan Anda atau siswa Anda memutar tombol imajiner. Anda akan menemukan prompt untuk cerita yang muncul dengan karakter dan situasi yang berbeda. Alat online siap pakai ini sangat bagus untuk digunakan dengan layar sentuh atau papan tulis interaktif. Anda juga dapat membagikan tautan dengan siswa untuk berputar sendiri dan menulis cerita singkat. Selain menulis cerita dengan beberapa kalimat atau paragraf, ini dapat digunakan dalam format diskusi untuk Think-Pair-Share.


- Pertanyaan Trivia 

   Cobalah gunakan  situs web Kahoot! .  Selain pertanyaan kuis cepat yang mungkin Anda gunakan untuk memulai unit pembelajaran baru atau meninjau pelajaran atau unit, ada kuis trivia siap pakai di situs web ini. Anda dapat menemukan hal-hal sepele untuk acara khusus, liburan, atau tentang banyak topik berbeda. Pencarian cepat di platform akan membantu Anda menemukan berbagai sumber daya.

  

·       

- Bergerak

Bergerak merupakan cara mudah dan efektif untuk melakukan aktifitas brain break. Dengan bergerak Anda membuat transisi di antara aktivitas atau mengambil waktu untuk berhenti sejenak. Anda bisa kunjungi link  GoNoodle yang bisa memberikan inspirasi kegiatan. [BungRam – 13012022]


#stickynotes

F734A09E-B9C1-4392-80A3-BC64014C37AF

Ruh Guru – #3

F44C29FF-437F-4191-A4A2-E0767410FF8F

Ruh Guru – #2

{"uid":"2176AF49-EE37-47E7-9CF4-86179503AA26_1625403749532","source":"other","origin":"unknown"}

Ruh Guru – #1 

Artikel pendidikan

Artikel parenting