Pendidikan untuk kehidupan

“Masyarakat  yang  cerdas  menentukan  seperti  apa  

pemimpin  mereka,  dengan  apa kekuasaan  ditegakkan,  dan  bagaimana  keadilan  dihadirkan”.

 

Tahun pandemik adalah salah satu peta adanya berbagai perubahan yang tidak gradual. Terutama yang berdampak terhadap sistem pendidikan dan pola belajar dan mengajar di sekolah. Pendidikan di era industri  4.0 mengharuskan kolaborasi antara kecerdasan alami dengan kecerdasan buatan (AI) secara tepat dan simultan. Oleh karenanya pendidikan harus mempersiapkan kerangka proses pembelajaran yang lebih baik, lebih maju, untuk menghasilkan keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 ini;  berpikir kritis, kreatifitas, kolaborasi, dan komunikasi.

Bagaimana visi pendidikan modern di era disrupsi, dan apalagi pasca dunia menghadapi pandemi Covid-19? Bagaimana lembaga sekolah, insan pendidikan, pengambil kebijakan dalam menghadirkan paradigma baru pendidikan dan sistem pendidikan? Bagaimana sekolah sebagai rumah kedua memfasilitasi peserta didik belajar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dirinya menjalani kehidupan di abad 21? 

 

Buku kumpulan catatan BungRam ini memberikan kerangka berpikir dan pandangan yang baru tentang visi pendidikan di era modern, di era disrupsi, di era perkembangan kecerdasan buatan yang dapat menggeser paradigma lama kepada  citra baru masyarakat yang maju. Beberapa pandangan kritis tentang sekolah, tentang karakter pendidik, tentang penerapan sistem pendidikan menjadi sorotan yang cukup tajam. Semoga catatan sederhana pikiran-pikiran mengenai pendidikan ini dapat memberikan kontribusi dan inspirasi bagi segenap guru, kepala sekolah, dan pegiat pendidikan di manapun  berada.


—————— 

Spesifikasi buku:

Penulis: A. Ramdani, S.Pd.I.

Penerbit: Azkia

Ukuran: 12x18 cm

Kertas: HVS

Tebal: 242 halaman