6 Film Inspiratif Untuk Guru

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

6 Film Inspiratif Untuk Guru

Banyak film-film yang menceritakan kisah-kisah inspiratif, baik berlatar belakang tokoh, maupun kejadian nyata. Di antaranya film berkisah kehidupan guru dengan berbagai latar belakang dan perjuangannya dalam menjalankan tugas.

Ada beberapa film inspiratif yang wajib ditonton oleh para guru, berikut saya pilihkan 6 film inspiratif yang wajib ditonton oleh rekan-rekan guru:

1. The Freedom Writer

The Freedom Writer (2007) yang dibintangi oleh Hilary Swank merupakan salah satu film edukasi sekolah menengah yang wajib ditonton oleh setiap guru. Film ini berkisah tentang seorang guru berdedikasi yang bekerja di sekolah yang terbagi secara ras di mana remaja tampaknya mustahil untuk belajar. Namun, terlepas dari semua perjuangan tersebut, guru mendedikasikan dirinya pada profesinya, menyediakan sumber daya, menginspirasi siswanya untuk belajar dan mendorong mereka untuk merencanakan masa depan mereka.

Film ini dapat dijadikan inspirasi bagi para guru untuk memotivasi siswa dalam kemampuan literasi, menulis jurnal dan cerita tentang apapun yang membuat mereka semangat belajar.

 

2. The Class

Merupakan sebuah film drama Prancis tahun 2008 yang disutradarai oleh Laurent Cantet, berdasarkan pada novel tahun 2006 berjudul sama karya François Bégaudeau. Novel ini merupakan kisah semi-otobiografi tentang pengalaman Bégaudeau sebagai guru bahasa dan sastra Prancis di sebuah sekolah menengah di arondisemen ke-20 Paris, khususnya yang menjelaskan perjuangannya menghadapi “anak bermasalah”: 

Dalam film ini digambarkan bagaimana kisah para guru di sekolah dengan campuran ras dan upaya mereka untuk menginspirasi siswanya agar sukses. Kemudian menunjukkan bagaimana sesama guru berbicara tentang siswanya di antara mereka sendiri. Berbagi hal positif dan negatifnya, serta bagaimana mereka berhasil dan gagal saat menyampaikannya kepada siswanya. 

 

3. Dead Poets Society
 

Dead Poets Society adalah sebuah film drama dewasa Amerika tahun 1989 yang disutradarai oleh Peter Weir dan ditulis oleh Tom Schulman. Film yang dibintangi Robin Williams ini berlatar tahun 1959 di sekolah asrama elit fiksi Akademi Welton, dan menceritakan kisah seorang guru bahasa Inggris yang menginspirasi murid-muridnya melalui pengajaran puisinya. 

Dalam film yang meraih banyak penghargaan ini juga menceritakan bagaimana seorang guru bahasa Inggris dari sekolah khusus laki-laki ortodoks membantu siswanya mengatasi tekanan orang tua dan mencapai impian mereka. Kutipan terkenalnya, “Manfaatkan hari ini, kawan. Jadikan hidup Anda luar biasa”, mendorong setiap orang untuk mengejar impian mereka terlepas dari segala perjuangan dan keadaan.

4. Black

Black adalah film India tahun 2005 yang terinspirasi dari otobiografi Helen Keller yang dibintangi Amitabh Bachchan dan Rani Mukherji. Michelle adalah seorang gadis buta, tuli dan bisu yang berperilaku buruk karena kehidupannya yang terisolasi sejak kecil. Kisah ini menunjukkan bagaimana seorang guru aneh dengan masa lalu yang meragukan menawarkan bantuan dan mengubah hidupnya.

Film ini menceritakan kisah Michelle (Mukerji), seorang wanita tuli dan buta, dan hubungannya dengan gurunya Debraj (Bachchan), seorang guru alkoholik tua yang kemudian menderita penyakit Alzheimer.

5. Tare Zameen Par

Taare Zameen Par adalah sebuah film India yang disutradarai dan dibintangi oleh Aamir Khan. Ceritanya berkisar pada seorang anak kecil berusia delapan tahun, Ishaan, yang berjuang dengan studinya karena disleksia. Film ini sangat inspiratif karena bagaimana guru seni Ram (Aamir Khan) membantu Ishaan mengatasi kelainannya dan membuatnya memahami potensi dirinya. Salah satu film tentang guru membantu siswa dengan indah menggambarkan bagaimana seorang guru harus berkomunikasi dengan orang tua untuk memahami kemampuan anak-anaknya.

 

6. The Miracle Worker

The Miracle Worker adalah sebuah film biografi Amerika tahun 1962 tentang Anne Sullivan, yang dibintangi Patty Duke didasarkan pada kisah nyata Helen Keller, yang berjuang untuk berkomunikasi dan belajar karena ketidakmampuannya melihat dan mendengar. Film ini mengisahkan dengan baik bagaimana seorang guru, Annie Sullivan membentuk ikatan dengan muridnya Helen dan mendukungnya dalam berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa isyarat.

Helen Keller (Patty Duke) muda, buta dan tuli sejak bayi karena penyakit parah, merasa frustrasi karena ketidakmampuannya berkomunikasi dan sering mengalami ledakan kekerasan dan tak terkendali. Karena tidak dapat menghadapinya, orang tuanya yang ketakutan dan tidak berdaya menghubungi Sekolah Tunanetra Perkins untuk meminta bantuan. Sebagai tanggapan, mereka mengirim Anne Sullivan (Anne Bancroft), mantan siswa, ke rumah Keller sebagai tutor. 

Bagikan supaya bermanfaat

Artikel Pendidikan

Artikel Parenting

Inspirasi Lainnya

Sorotan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *