Hubungi BungRam    

Sticky Notes #7 – Menata kelas efektif

Sticky Notes Guru Kelas - #7 – Menata Kelas Untuk Mendukung Efektifitas Belajar

“Aturan dalam kelas itu penting, tapi aturan bukan segalanya untuk keefektifan kelas.”

 

 

Ruang kelas yang efektif lebih dari sekadar keteraturan dan sekadar mengikuti aturan. Ruang kelas yang efektif adalah tempat pembelajaran terjadi. Ruang kelas adalah tempat di mana siswa terlibat dan mencapai tujuan pembelajaran. Aturan dalam kelas  itu penting, akan tetapi aturan kelas itu sendiri bukanlah tujuan. Aturan kelas membantu memungkinkan pembelajaran.

Ada banyak hal yang perlu seorang guru perhatikan dan siapkan dengan baik di dalam kelas, untuk menjadikan proses pembelajaran di kelas lebih efektif.


589BD8FB-22E4-4F46-8A6A-BF7EBD031EDD

Berikut beberapa hal yang perlu perhatian dan sediakan di kelas untuk mendukung pembelajaran lebih efektif:

 

 1. Tempat penyimpanan 

Kelas perlu disusun dan dimenej lewat penyediaan tempat penyimpanan yang baik. Setiap perlengkapan dan peralatan kelas, jika diatur penempatannya dengan baik, sesuai dengan kondisi dan fisik murid. Maka itu mendukung tingkat keefektifan belajar murid di kelas.

 

2. Pencahayaan alami

Kelas yang efektif membutuhkan cahaya yang cukup bagi murid. Cahaya lampu,   amat baik jika mencukupi kebutuhan murid dalam membaca dan menulis, dan melakukan aktifitas lainnya. Lebih baik lagi jika cahaya yang alami yang memasuki ruang kelas akan jauh lebih baik bagi kelas. Bukan hanya memiliki sisi positif dari sisi kesehatan, juga menjadikan kelas menjadi bagian yang mengurangi penggunaan energi listrik yang berlebihan.

 

3. Pemanfaatan ruang kelas secara efektif

Kelas perlu diatur dengan pemanfaatn area atau zona di ruang kelas untuk memberikan murid porsi yang tepat memaksimalkan keberadaan mereka saat beraktifitas  di dalam kelas (indoor activities). Guru bisa membagi zona; baca, melingkar, ekspresi diri dan seni, kerja bersama.

 

4. Meminimalisir gangguan

Setiap aktifitas di dalam kelas akan memberikan dampak terhadap perasaan aman dan nyaman bagi anak. Atau bisa jadi malah sebaliknya, rasa tidak aman dan membosankan, menjenuhkan, atau bahkan menakutkan. Guru harus berupaya mengurangi dan menghilangkan setiap hal mengganggu kenyamanan belajar murid. Karena setiap gangguan, baik fisik atau suasana menyebabkan berkurangnya efektifitas belajar di kelas.

 

5. Memanfaatkan  efek warna

Kelas yang warna-warni memberikan dampak positif dan suasana aktif bagi siswa. Dengan syarat kombinasi warnanya dapat disesuaikan. Hal itu tentu bisa dikonsultasikan kepada ahli tata ruang atau seniman. Namun kelas dengan warna monoton dan kusam akan berdampak kepada stumulus otak dalam merespons visual. 

  

[BungRam – 291220]

Bagikan

Artikel Lainnya