Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Anak

Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Anak

Bermain adalah salah satu kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembangnya, baik dari sisi fisik, psikis, maupun kognitif. Banyak orang tua memberlakukan pola asuh yang kurang tepat mengani masalah kebutuhan bermain anak itu.

Ada banyak penelitian dan bukti ilmiah bahwa bermain di luar meningkatkan kesehatan, kecerdasan, hingga keterampilan emosional dan sosial. Dan kita tahu bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan seorang anak di alam, semakin besar kemungkinan mereka tumbuh menjadi generasi yang baik, unggul dan memiliki resiliensi yang kuat. Bahkan mereka bisa menjadi penjaga yang baik bagi planet bumi ini.

Ada banyak area yang dapat dijadikan tempat bermain anak di luar rumah. Berikut tempat-tempat yang bisa dijelajahi Bersama anak untuk area bermain, dan apa saja manfaatnya untuk anak;

  1. Lingkungan di sekitar kita.  Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati alam. Keluarga Anda dapat terhubung dengan alam di taman bermain sekolah, halaman belakang, dan area lainnya di luar rumah. Sekarang, banyak ruang terbuka hijau publik memiliki fitur dan program untuk segala usia dan kemampuan. Mengenalkan lingkungan sekitar pada anak membentuk kecerdasan visual dan kecerdasan spasial. Bermaian di lingkungan sekitar juga memberikan kemampuan anak bergerak dan mengenal sekitarnya dengan senang.

 

2.  Bermain sepeda di taman

Bersepeda adalah satu aktifitas bermain yang sangat bermanfaat bagi anak. Mengendarai sepeda adalah keterampilan yang memiliki banyak manfaat. Bersepeda bagi anak berkontribusi pada kesehatan fisik yang lebih baik. Bermain sepeda  tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan belajar dan kesehatan mental anak Anda. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengendarai sepeda ke sekolah lebih fokus dan siap belajar, dibandingkan dengan mereka yang mengendarai kendaraan bermotor. Mengambil bagian dalam aktivitas fisik secara teratur juga memiliki hubungan untuk meningkatkan kebahagiaan, serta memberi anak-anak lebih banyak kesempatan untuk membuat hubungan sosial.  

  1. Mencari serangga, tanaman baru, dan mencoba menamainya

Satu aktifitas seru dan bermanfaat bagi anak untuk kegiatan bermain di luar adalah berburu seranggga, mencari tanaman-tanaman liar di area sekitar rumah atau di kebun umum.  Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi perkembangan kognitif anak dan juga melatih kemampuan pembelajaran saintifik.

Anda bisa memberi tantangan bagi anak Anda dengan menemukan satu seranngga dan mengenalkan Namanya serta ciri khas atau uraian detailnya secara ilmiah dengan Bahasa yang sederhana.

Anda juga dapat mengajak anak mencoba menamainya Bersama anak, untuk melatih imajinasi. Dengan keterlibatan anak pada aktifitas bermain ‘outdoor’  ini membantu tumbuh kembang dengan berbagai aspek; kognitif, sfektif dan psikomotor.

  1. Membuat “istana” dari bahan alam.  

Membuat rancang bangunan atau rumah-rumahan dengan ranting, daun,  batu, dan lainnya  adalah juga bagian dari aktifitas bermain yang mengasyikkan dan bermanfaat. Minta anak-Anda mengumpulkan ranting, daun dan batu, kemudian ceritakan bahwa Anda ingin membuat istana yang indah untuk keluarga, minta anak menyebutkan bagian-bagian apa saja yang perlu ada untuk sebuah bangunan istana yang indah.

Kemudian tanyakan, apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah istana yang indah itu. Biarkan anak mencari bahannya sendiri yang ia suka atau dapat dijangkau. Libatkan diri Anda dalam aktifitas belajar dasar-dasar literasi dan numerasi itu. Ia akan mengenal bentuk bangun datar atau bangun ruang secara alami, simpel dan kongkret.  

  1. Bermain kejar-kejaran, atau petak umpat.

Kegiatan kejar-kejaran dan kegiatan petak umpat salah satu dari permainan umum di luar ruangan. Di halaman rumah, di sekolah atau di jalan lingkungan komplek rumah.

Bermain kejar-kejaran atau bermain petak umpat sangat bermanfaat untuk membangun massa otot dan pertumbuhan fisik. Kemudian dari sisi perkembangan kognitif, bermain petak umpat sebagaimana dikutip dari tulisan pada ‘childdevelopmentinfo.com’ [1]  bermain petak umpat mengajari anak-anak konsep ‘keabadian objek; bahwa hal-hal bisa ada meskipun mereka mungkin tidak dapat melihatnya. Mencari objek atau orang mendorong anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dan membantu mereka mengembangkan keterampilan memecahkan masalah saat mereka mencoba mencari tempat terbaik untuk bersembunyi atau menemukan target mereka.

Mereka bahkan dapat mulai menghargai ‘konsep volume’ saat mereka mencoba menemukan tempat persembunyian terkecil yang dapat mereka masuki. Ini juga memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka saat mereka bermain dengan orang lain, belajar menghadapi konflik antar peserta, bergiliran, dan melatih keterampilan lain yang memungkinkan mereka bekerja secara efektif dalam tim.

Bermain petualangan atau kegiatan outbond

Luangkan waktu cerita di luar. Ambil selimut, beberapa buku, dan temukan tempat teduh untuk membaca bersama anak Anda di luar ruangan. Pilih buku yang berbicara tentang alam dan bantu anak Anda membuat koneksi.

Tanggal bermain di luar ruangan. Bertemu dengan teman-teman di luar ruangan untuk membangun hubungan sosial untuk anak-anak dan orang dewasa.

Tantang anak-anak & remaja yang lebih besar. Tetap terlibat dengan alam bebas sebagai sebuah keluarga. Manfaatkan waktu ini untuk menjalin ikatan dalam permainan dan aktivitas yang Anda semua nikmati atau tantang diri Anda dengan sesuatu yang baru.

Adakan perburuan alam atau mulai koleksi alam. Carilah tanaman lokal, pohon, hewan dan burung. Kumpulkan batu, biji ek, daun atau buah pinus. Lihat berapa banyak item yang dapat ditemukan anak-anak dalam daftar, atau kumpulkan objek untuk ditambahkan ke koleksi.

Tinggalkan jejak. Atur dengan orang tua dari teman anak-anak Anda untuk mengirim anak-anak pada “misi mata-mata rahasia.” Satu keluarga berjalan-jalan dengan kapur trotoar, menggambar panah dan huruf di sepanjang jalan untuk mengeja pesan rahasia. Keluarga lain kemudian harus mengikuti panah di sepanjang jalan untuk merekam surat-surat dalam pesan.

Memiliki bola. Menendang bola sepak, melempar frisbee, lompat tali, atau bermain olahraga apa pun yang Anda semua sukai dapat membuat kegiatan di luar ruangan tetap menyenangkan seiring bertambahnya usia anak-anak.

Kemas piknik atau rencanakan barbeque di luar bersama teman dan keluarga. Berbagi makanan, berjalan-jalan, atau bermain game bersama sambil menikmati alam bebas.

Manfaat sehat dari bermain di luar ruangan

Mendapatkan di luar memberikan lebih dari istirahat yang menyenangkan untuk anak-anak dan remaja. Ini juga baik untuk kesehatan dan perkembangan fisik dan mental mereka. Anak-anak dan remaja yang menghabiskan waktu bermain di luar dan menikmati alam dapat berupa:

Lebih sehat secara fisik. Anak -anak bermain lebih keras di luar ruangan daripada di dalam ruangan dan mereka membutuhkan kesempatan setiap hari untuk melakukannya. Lebih banyak waktu di luar ruangan dikaitkan dengan perkembangan motorik yang lebih baik dan tingkat obesitas yang lebih rendah dan risiko miopia (rabun jauh). Mendapatkan sinar matahari dengan aman juga membantu kita membuat vitamin D yang dibutuhkan tubuh kita untuk tetap sehat dan kuat.

Lebih banyak terlibat dalam pembelajaran. Bermain di luar meningkatkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan pemikiran kritis. Studi telah menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di eksplorasi alam telah meningkatkan hasil belajar.

Lebih positif dalam berperilaku. 

Penelitian menunjukkan bahwa ketika anak-anak menghabiskan waktu di alam, mereka memiliki lebih sedikit kemarahan dan agresi. Kontrol impuls juga meningkat. Ini mungkin sangat penting ketika rutinitas normal berubah untuk anak-anak.

Lebih sehat secara mental. 

Stres dan depresi lebih rendah untuk semua orang yang menghabiskan waktu di alam. Anak-anak menunjukkan peningkatan fokus dan pengurangan gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Ingat

Manfaatkan kekuatan penyembuhan bermain di alam—di dekat rumah atau lingkungan Anda, atau di mana pun Anda merasa nyaman. Ingatlah untuk berpakaian sesuai dengan cuaca. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan selama dan setelah petualangan Anda.

Terakhir, mintalah pemimpin masyarakat untuk memastikan semua anak memiliki tempat yang aman untuk bermain di luar. Keluar rumah, berada di alam, dan menggerakkan tubuh kita baik untuk semua orang.

[1] https://childdevelopmentinfo.com/child-activities/why-playing-hide-and-seek-is-good-for-your-child/

[BungRam – Oct-17-2022]

Bagikan supaya bermanfaat

Recomended

Explore

Artikel Pendidikan

Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *